Tetap Unggul: Beradaptasi dengan Perubahan di Media Sosial

Di era digital yang terus berkembang, media sosial telah menjadi kekuatan utama dalam strategi komunikasi dan pemasaran. Bagi perusahaan besar, start-up, dan UMKM di Indonesia, mengikuti perkembangan tren media sosial bukan lagi sebuah pilihan tetapi kebutuhan untuk menjadi kunci agar tetap relevan dan kompetitif. 

Update terbaru di bulan Agustus ini menghadirkan fitur-fitur baru yang bisa membuka peluang bagi strategi pemasaran Anda. Berikut adalah ringkasan pembaruan platform media sosial utama:

1. Evolusi Kreatif di Instagram

Instagram semakin memperkaya toolkit kreatifnya! Setelah sebelumnya memungkinkan pengguna untuk membuat potongan stiker dari pos Feed, kini fitur ini juga tersedia untuk video. Pengguna kini dapat mengubah video menjadi GIF sehingga menambah sentuhan dinamis pada konten mereka. Bagi brand, ini merupakan kesempatan untuk menciptakan konten yang lebih menarik dan interaktif.

Tips untuk Brand:

  • Eksperimen dengan GIF: Cobalah mengubah momen penting dalam video menjadi GIF untuk menarik perhatian audiens.
  • Gunakan fitur stiker: Terapkan stiker untuk menyoroti pesan atau call-to-action dalam video.

 

2. Peningkatan Metrik di Facebook

Facebook kini meningkatkan metrik untuk iklan video, memungkinkan pemasar untuk lebih memahami perilaku pengguna setelah berinteraksi. Sekarang, brand dapat mengukur konversi dalam waktu tertentu setelah pengguna melihat iklan video mereka. Metrik ini memberikan wawasan berharga tentang efektivitas campaign, sehingga Anda dapat menyesuaikan strategi untuk hasil optimal.

Tips untuk Brand:

  • Analisis metrik baru: Gunakan data konversi untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan strategi iklan video Anda.
  • Sesuaikan waktu tayang: Perhatikan waktu optimal untuk tayangan iklan berdasarkan data yang diperoleh. (Contoth tutorial dan pembahasan waktu tayang efektif khusus di media Instagram)

 

3. Parameter Penemuan Komunitas di Twitter yang sekarang menjadi X (sudah tau?)

X (sebelumnya Twitter) memperkenalkan parameter penemuan komunitas yang revolusioner! Admin kini dapat menambahkan hingga 10 tag yang bisa dikaitkan dengan topik dalam percakapan komunitas mereka (contoh #restauranenakdijaksel, #trendkoreandfashion2024, #ikanlautcommunity, dsb). Parameter pencarian dan penemuan ini membantu pengguna menemukan komunitas yang relevanmemperkuat keterlibatan, dan membangun koneksi dalam ruang digital yang terpersonalisasi.

Tips untuk Brand:

 

  • Optimalkan tag topik: Tambahkan tag yang relevan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dalam komunitas Anda.
  • Fasilitasi diskusi: Ciptakan konten dan topik diskusi! yang mendorong percakapan di komunitas Anda untuk meningkatkan keterlibatan.

 

4. Peningkatan Live Stream YouTube

YouTube mengadopsi strategi TikTok dengan menampilkan live stream yang sedang berlangsung dalam feed Shorts. Fitur ini memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk mendapatkan visibilitas tambahan, memungkinkan scroller untuk bergabung dengan live stream yang sedang berlangsung secara lebih mudah.

Tips untuk Brand:

 

  • Promosikan live stream: Manfaatkan fitur ini untuk mempromosikan live stream dan meningkatkan partisipasi audiens.
  • Integrasi dengan Shorts: Pertimbangkan untuk membuat konten Shorts (shorts = video pendek yang ada di Youtube) yang terhubung dengan live stream Anda untuk menarik perhatian lebih.

 

5. Fasilitasi Jaringan LinkedIn

LinkedIn meningkatkan kesempatan jaringan dengan prompt baru. Tab “Grow,” yang sebelumnya dikenal sebagai “Network,” kini menampilkan peluang koneksi yang disarankan, memudahkan jaringan di dalam aplikasi. Selain itu, tab “Catch Up” dalam “Grow” memberikan prompt untuk menjangkau rekan-rekan, memperkuat hubungan profesional.

Tips untuk Brand:

 

  • Manfaatkan prompt: Gunakan peluang koneksi yang disarankan untuk memperluas jaringan Anda.
  • Rencanakan interaksi: Gunakan tab “Catch Up” untuk menghubungi kembali kontak penting dan memperkuat hubungan profesional.

Sudah tau kelima hal di atas, jangan lupakan hal-hal penting berikut ini juga : 

1. Beradaptasi dengan Tren Lokal di Indonesia

Indonesia adalah pasar yang unik dengan kekayaan budaya dan tren lokal yang beragam. Apa yang populer di Jakarta mungkin berbeda dengan apa yang tren di Surabaya atau Medan. Menyesuaikan konten Anda dengan kebiasaan dan preferensi lokal sangat penting untuk membangun hubungan yang kuat dengan audiens Anda.

 

2. Perhatikan hal-hal kecil seperti waktu tayang content dan font!

  • Ulasan pelanggan hingga berita viral bisa menjadi content yang baik dan mendapat respons cepat dari waktu tayang dan visual yang tepat!
  • Waktu tayang efektif yang bagaimana harus kita terapkan.
  • Bagaimana dengan visual, hal kecil seperti font juga pengaruh loh.

Bagaimana Dpanell Dapat Membantu?

Kami memahami pentingnya tetap berada di garis depan tren digital. Tim kami siap untuk:

 

  • Menerapkan strategi kreatif di Instagram untuk konten yang menarik dan mudah dibagikan.
  • Memanfaatkan metrik atribusi Meta untuk mengukur dan meningkatkan efektivitas kampanye.
  • Mengoptimalkan keterlibatan komunitas di berbagai platform, termasuk X dan LinkedIn.
  • Memaksimalkan visibilitas YouTube untuk meningkatkan eksposur merek.

Biarkan kami menjadi pemandu bisnis atau perusahaan Anda dalam menavigasi media sosial yang terus berubah. Coba kalkulasikan biaya media sosial Dpanell untuk merancang strategi yang dipersonalisasi sesuai dengan pembaruan terbaru, memastikan merek Anda melesat ke puncak baru. Hubungi kami hari ini dan mari kita tingkatkan perjalanan digital merek Anda bersama!

 

Kesimpulan:

Di dunia digital yang terus berubah, mengikuti fitur terbaru di media sosial adalah kunci untuk strategi pemasaran yang efektif. Berikut adalah ringkasan pembaruan utama bulan Agustus:

 

  1. Instagram: Kini memungkinkan video diubah menjadi GIF, meningkatkan dinamika konten. Cobalah fitur ini untuk menarik perhatian audiens.
  2. Facebook: Metrik baru untuk iklan video memungkinkan pemantauan konversi dengan lebih detail. Gunakan data ini untuk mengoptimalkan strategi iklan Anda.
  3. X (sebelumnya Twitter): Fitur tag komunitas baru mempermudah penemuan dan keterlibatan dalam komunitas. Tambahkan tag relevan dan dorong diskusi.
  4. YouTube: Live stream kini tampil di feed Shorts, meningkatkan visibilitas. Promosikan live stream dan gunakan Shorts untuk menarik audiens.
  5. LinkedIn: Fitur baru mempermudah perluasan jaringan dan interaksi. Manfaatkan prompt koneksi dan interaksi untuk memperkuat hubungan profesional.

Jangan lupa untuk menyesuaikan konten dengan tren lokal di Indonesia dan perhatikan waktu tayang serta visual untuk memaksimalkan dampak.

Terima kasih telah membaca, dan semoga informasi ini membantu Kamu merancang strategi media sosial yang lebih baik!